Home » , » PENGERTIAN , KONSEP, DAN HIRARKI SISTEM BASIS DATA

PENGERTIAN , KONSEP, DAN HIRARKI SISTEM BASIS DATA

Written By JEEV MC on Selasa, 23 Juli 2013 | 16.57

1.        Menjelaskan sistem basis data.
1.1.  Pengertian Database
Adapun pengertian dari database menurut para ahli, antara lain:
1.        Database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.
2.        Database adalah representasi kumpulan fakta yang saling berhubungan disimpan secara bersama sedemikian rupa dan tanpa pengulangan (redudansi) yang tidak perlu, untuk memenuhi berbagai kebutuhan.
3.        Database merupakan sekumpulan informasi yang saling berkaitan pada suatu subjek tertentu pada tujuan tertentu pula.
4.        Database adalah susunan record data operasional lengkap dari suatu organisasi atau perusahaan, yang diorganisir dan disimpan secara terintegrasi dengan menggunakan metode tertentu dalam komputer sehingga mampu memenuhi informasi yang optimal yang dibutuhkan oleh para pengguna.
1.2.Asal Mula Istilah Database
Istilah “database” berawal dari ilmu komputer. Meskipun kemudian artinya semakin luas, memasukkan hal-hal di luar bidang elektronika, artikel ini mengenai database komputer. Catatan yang mirip dengan database sebenarnya sudah ada sebelum revolusi industri yaitu dalam bentuk buku besar, kuitansi dan kumpulan data yang berhubungan dengan bisnis.

2.        Menjelaskan konsep sistem basis data.
2.1.Konsep Dasar Database
Konsep dasar dari database adalah kumpulan dari catatan-catatan, atau potongan dari pengetahuan. Sebuah database memiliki penjelasan terstruktur dari jenis fakta yang tersimpan di dalamnya: penjelasan ini disebut skema. Skema menggambarkan obyek yang diwakili suatu database, dan hubungan di antara obyek tersebut. Ada banyak cara untuk mengorganisasi skema, atau memodelkan struktur database: ini dikenal sebagai database model atau model data. Model yang umum digunakan sekarang adalah model relasional, yang menurut istilah yaitu mewakili semua informasi dalam bentuk tabel-tabel yang saling berhubungan dimana setiap tabel terdiri dari baris dan kolom (definisi yang sebenarnya menggunakan terminologi matematika). Dalam model ini, hubungan antar tabel diwakili dengan menggunakan nilai yang sama antar tabel. Model yang lain seperti model hierarkis dan model jaringan menggunakan cara yang lebih eksplisit untuk mewakili hubungan antar tabel.

[Waliyanto2000] Gabungan antara basis data dan perangkat lunak SMBD (Sistem  Manajemen Basis Data)  termasuk di dalamnya program aplikasi yang dibuat dan bekerja dalam satu sistem disebut dengan Sistem Basis Data.



C. J. Date menyatakan bahwa sistem basis data dapat dianggap sebagai tempat untuk sekumpulan berkas data yang terkomputerisasi dengan tujuan untuk memelihara informasi dan membuat informasi tersebut tersedia saat dibutuhkan.

2.2.Struktur Hirarki Basis Data
Berikut struktur hirarki basis data secara umum yang dapat dipergunakan.





Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Layanan Pelanggan

CALL/SMS :
085223699488/085723672529
 
Support : DAKON/CONGKLAK TASIKMALAYA | ORDER PROGRAM APLIKASI | BLOG MINI INDONESIA
Copyright © 2013. JASA WEB TASIK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger